Skip to main content

Mengapa Kebiasaan atau Perilaku Kucing Yang Sangat Unik Dan Lucu

Inilah Kebiasaan atau Perilaku Kucing Yang Unik Dan Lucu

Kebiasaan atau Perilaku Kucing
Kucing Lucu

Mengapa Kebiasaan atau Perilaku Kucing Lucu Kucing merupakan binatang yang sangat lucu dan menggemaskan, bagi catlovers yang hobi dengan kucing, pastinya pengin mengerti arti dari kebiasaan atau perilaku yang sering dilakukan oleh kucing milik catlovers. Nah, untuk itu maniakucing akan membas artikel ini dan merangkum berbagai perilaku kucing yang umum dilakukan maupun yang belum dilakukan (unik). Langsung aja jebuss, intip apa aja si perilaku - perilaku kucingmu.

Inilah Kebiasaan/Perilaku Kucing

1.Mengapa Perilaku/Kebiasaan Induk Kucing Suka Menjilati Bulu Anaknya ?

Induk kucing biasanya akan mejilati atau membersihkan bulu/rambut yang ada di badan dan kepala anaknya. Itu menandakan atau perilaku ungkapan kasih sayang induk kucing yang ditunjukan ke anaknya. Tidak hanya berpengaruh antara induk dan anak kucing. Kucing yang bersodara juga sering saling membantu menjilati bulu-bulu kucing lainnya. Itu juga menunjukkan ungkapan kasih sayang dan perhatian.

2. Mengapa Perilaku Kucing Menjilati Tangan Kita Saat Kita Memegangnya ?

Untuk yang seperti ini jarang terjadi, biasanya kucing hanya menjilati permukaan yang halus dan lembut. Jika kucing itu menjilati tanganmu, itu juga menandakan bahwa dia menunjukkan kasih sayangnya ke catlovers, tapi dengan catatan (dia melakukannya dengan tidak sengaja). Karena lidahnya yang terasa kasar berisi duri - duri dan baik untuk menjilati bulu kucing dan bukan kulit manusia apalagi bulunya.

3. Mengapa Kucing Berperilaku Menjilati tubuhnya setelah dipegang ?

Berbeda dengan menjilati kita, kucing yang memiliki kelenjar yang terangsang ketika mereke tersentuh bulunya. Itu juga bisa disebut feromon atau bau khas kucing sebagai penanda individu. Sebenarnya manusia juga mempunyai bau yang yang dapat dicium kucing. Jika kucing mencium bau manusia di tubuhnya, maka bau karakteristiknya itu sendiri dapat tertutupi. bau pada manusia begitu tajam sehingga mengalahkan bau kucing itu sendiri. Oleh karena itu, manusia hilang dan baunya kembali. Jadi tidak heran begitu catlovers memeluknya terlalu lama, maka ia akan secepatnya lari dan membasuh dirinya. Tetapi kalo kucingnya manja ingin di peluk beda lagi ceritanya.

4. Mengapa Kucing Suka Berperilaku Memijat-Mijat Saat Minum Susu Induknya?

Ketika anak kucing mulai menyusu, biasanya anak kucing akan memijat tubuh induknya atau mendorong-dorongkan tangan/cakarnya ke perut induk kucingnya, itu sebagai tanda kepuasan atau mendorong aliran susu agar banyak didapat.

5. Mengapa kucing juga suka berperilaku memijat manusia ?

Ketika Kucing Sudah Dewasa, maka kucing akan memijat untuk menunjukkan kesenangan dan kepuasan. Dan jika dia memijat manusia/kita itu tandanya dia merasa senang dan puas memiliki majikan seperti catlovers.

6. Mengapa Kucing Suka Kencing Sembarangan (Spraying)?

Perilaku spraying yang akan dilakukan kucing biasanya digunakan untuk mengklaim kepemilikan sesuatu dan menandai daerah kekuasaan kucing tersebut. Perilaku spraying biasanya dilakukan oleh kucing pejantan, kucing betina biasanya tidak akan melakukan hal jorok seperti itu. Dan beberapa kucing betina yang melakukan spraying itu karena dia meniru perilaku kucing jantan. Maka dari itu kucing jantan seharusnya melakukan pengebirian untuk mengurangi perilaku spraying (pipis sembarangan).

7. Mengapa Kucing Suka Mencakar-Cakar Pohon (Scratching)?

Perilaku tersebut sebenarnya dilakukan untuk menajamkan kuku-kuku kucing agar dapat mencengkeram mangsa yang lebih kuat. Jika dilakukan dekat makananya, tindakan ini untuk mengubur benda kontradiktif.

8. Mengapa Kucing Suka Mengeong ?

Kebiasaan kucing mengeong sebagai sinyal sosial kepada sesama makhluk kucing. Sinyal sosial tersebut bisa berupa pertanda kalau ia membutuhkan bantuan, merasa senang, atau merasa puas.

9. Mengapa Kucing Berperilaku Tidur Melulu atau Malas?

Kebiasaan kucing tidur rata-rata 16 jam sehari kalo catlovers belum tau. Hal ini untuk menambah tenaga untuk tubuhnya agar dapat berburu atau beraktifitas. Saat berburu, kucing akan menggunakan energi secara mendadak, cepat, dan besar-besaran agar dapat mengangkap buruanya secara efisien.

10. Mengapa Kucing Mengubur Kotoranya Dan Sering Kencing di Daerah Tertentu?

Bisa dikatakan hanya kucing inferior yang punya inisiatif mengubur kotoran. Dalam dunia hewan, terdapat dua jenis hewan alpha dan inferior. Hewan alpha (Kucing Dominan) merupakan kucing penguasa teritorial karena kekuatannya yang besar dan kuat atau kualitas fisik lainnya.
Hewan inferior tidak berperilaku seperti hewan alpha karena kucing itu akan dianggap menantang untuk berkelahi dengan hewan alpha. Kucing alpha boleh sembarangan BAB di berbagai tempat tanpa harus mengubur kotorannya. Sedangkan kucing alpha boleh kencing sembarangan. BAB ataupun kencing itu merupakan tanda bahwa daerah tersebut adalah daerahnya atau kekuasaanya. Kucing inferior yang BAB di wilayah itu harus mengubur kotorannya agar tidak diketahui oleh kucing alpha. Ia juga harus kencing di wilayah tertentu/khusus yang diperbolehkan sang alpha. Jadi, jika kucing kita mengubur kotorannya dan pipis di tempat yang sama atau disitu-situ saja, berarti kucing anda bukan kucing jagoan neon.

11. Mengapa Kucing Marah Pada Orang Asing/Tidak dikenalnya?

Itu tanda dominasi. Ia akan menunjukkan eksistensi dirinya sebagai individu. Dia akan menatap mata orang yang tidak dikenalnya. Hal itu merupakan tanda konflik dan kucing dapat segera marah walaupun tatapan itu hanya sebentar. Orang asing yang baunya belum pernah dikenal kucing, maka dari itu harus menghindari kontak mata/menatap mata agar tidak memberi sinyal konflik.

12. Mengapa kucing berdesis pada seekor burung?

Itu memberitahukan dari kekalahan. Kucing tidak mampu menangkap si burung sebagai mangsa sehingga kucing itu menunjukkan kekesalannya dengan mendesis.

13. Kenapa Kucing Berperilaku Menyelinap Secara Diam-Diam Menangkap Mangsanya ?

Hal itu dilakukan untuk penyamaran, dia mencari tempat-tempat yang tersembunyi dan susah terlihat oleh mangsanya. Dan di saat mangsanya lengah, dia akan segera mencengkeramnya.

14. Mengapa Kucing Juga Makan Rumput ?

Kucing Memakan rumput sebagai obat untuk mengeluarkan racun dalam tubuhnya. Sering sekali rumput yang di makannya akan dimuntahkan kembali. Dari muntahannya kita bisa melihat busa-busa yang artinya racun dalam tubuhnya sudah dibersihkan serta mengeluarkan bulu-bulu yang rontok saat dijilat oleh si kucing.

15. Mengapa Kucing Sampai Loncat-Loncat Demi Mendapatkan Makanan ?

Hal ini dilakukannya untuk memperoleh sudut terbaik untuk bisa mencengkeram mangsanya, sehingga magsa dapat lebih efektif untuk tertangkap. Coba lemparkan saja gulungan kertas, ia juga akan melakukan salto, jungkir balik,dll.

16. Mengapa Kucing Suka Memainkan Mangsanya Sebelum di Bunuh ?

Bagi kucing rumahan, mendapatkan mangsa merupakan peristiwa langka atau hebat. Kucing ini dapat saja langsung menggigit sehingga mangsanya akan cepat mati, tetapi hal ini tidak dilakukannya. Ia juga ingin bersenang-senang lebih lama dan menikmati momen dimana ia memperoleh mangsanya (kaya di filem-filem), pada saat itu kucing juga akan merasa sangat bahagia. Bagi induk kucing, sering tidak membunuh mangsanya secara cepat dan tuntas, tetapi membawanya hidup-hidup untuk berbagi makanan dan kegembiraan dengan anak-anaknya.

17. Mengapa Kucing Mendesis Ketika Sedang Marah ?

ini disebut mimikri ular/seperti ular. Kucing berperilaku meniru seperti ular karena bagi sang kucing, ular adalah hewan berbahaya. Maka dari itu dia juga punya taring seperti kucing, tetapi ular punya bisa(berbisa). Kucing tidak mempunyai bisa, akan tetapi dengan hanya meniru desis ular, ia berharap lawannya akan mengira kalau kucing itu juga mempunya bisa, wahh pandai berbohong juga ini, jadi youtuber aja kucingnya. Biasanya kucing akan mengarahkan telinganya menjadi datar ketika sedang mendesis, itu dilakukan untuk meniru ular kobra.

18. Mengapa Kucing Suka Menggosokan Tubuhnya ke Kaki Kita atau Benda Tertentu ?

Sama seperti melakukan kencing dan BAB bagi kucing alpha (penguasa), kucing suka menggosokkan dirinya pada berbagai benda itu sebagai tanda benda tersebut merupakan hak miliknya. Kucing memiliki feromon, feromon adalah bau khas yang dimiliki kucing, dan bau ini menempel pada benda-benda tersebut. Kucing lain yang ingin juga menggosokkan tubuhnya di benda yang masih ada feromon dari kucing yang pertama, maka kucing yang ke 2 tidak akan berani menggosokkan tubuhnya di benda tersebut kecuali ia berani menggosokkan tubuhnya di benda tersebut, jika kucing menggosokkan tubuhnya ke kaki kita, itu tandanya ia merasa kita adalah miliknya(catlovers).

19 Mengapa Kucing Suka Mengeong Pada Manusia ?

Beda dengan sesama kucing yang bisa menandakan sosialisasi mereka, kucing mengeong pada manusia, tertama saat mereka lapar, ia berusaha menipu manusia dari suaranya. Kucing mencoba meniru suara bayi agar kita mengira dia seorang bayi dari majikannya selayaknya perhatian yang diberikan manusia kepada anaknya, lagi-lagi akting lagi si kucing, udah jadi youtuber aja sanah.

20. Mengapa Kucing Lebih Aktif di Malam Hari Ketimbang Siang Hari ?

Kucing lebih aktif di malam hari karena waktunya untuk berburu adalah di malam hari. Dia memiliki penglihatan khusus layaknya mata-mata FBI untuk berburu saat di malam hari. Tidak seperti manusia, penglihatan kucing saat malam hari terlihat sangat jelas.

21. Mengapa Kucing Datang Saat Dipanggil Puss ?

Itu karena sejak dahulu kala kucing memang dipanggil puss dan sampai saat ini dia merasa bahwa namanya puss. Sebenarnya panggilan puss itu juga bisa dirubah sejak dia masih kecil, agar terbasa dengan name panggilan baru selain puss meong, sejak kecil berikanlah nama pada kucing kalian.

22. Mengapa Kucing Memakan Ari-Arinya ?

Saat kucing hamil biasanya ari-arinya akan dimakannya. Karena kebiasaanya yang bersih dia memakan dan untuk membersihkan bekas-bekas darahnya dan ari-arinya. Coba catlovers perhatikan kucin kalian abis melahirkan pasti dia akan nempak bersih.

23. Mengapa Kucing Memakan Kotorannya Sendiri ?

Apa catlovers pernah lihat kucing kalian memakan kotorannya sendiri? Mungkin ada yang memang pernah melihat dan ada juga yang tak sadar. Sebenarnya ada saja kucing yang memakan kotorannya sendiri, bisa disebabkan karena tidak ada makanan lain. Dan selain itu cara untuk membersihkan dirinya coba kalian perhatikan cara dia membersihkan dirinya sampai dengan ke bagian pembuangan. Itu sama saja memakan kotorannya sendiri.

24. Mengapa Kucing Suka Makan Ikan ?

Kebiasaan kucing suka makan ikan juga bukan hanya sekedar karena rasanya saja, tetapi juga karena baunya atau aromannya yang khas dan amis. Selain ikan kucing juga menyukai makanan lain seperti daging ayang upin-ipin, sapi dan lainnya.

25. Mengapa Kucing Memakan Anaknya Sendiri?

Kucing juga memakan anaknya sendiri ini dikarenakan anaknya terkena penyakit atau lemah, untuk menghindari penyebaran penyakit biasanya induk kucing juga akan langsung memakan anaknya. Untuk itu dilakukan agar penyebaran penyakit si anak kucing yang lemah itu tidak menulari anak kucing yang lain. Kucing jantan juga bisa-bisa saja untuk memakan anak kucing, itu karena dia berniat jahat dan ingin mempermainkan anak kucing tersbut.

26. Mengapa Induk Kucing Menggigit Leher Anaknya?

Jika kita mengambil anak kucing yang baru lahir biasanya induk kucing akan langsung mendatangi dimanapun anaknya berada atau dibawa. Dia tidak ingin anaknya mengalami masalah dan menginginkan anaknya dalam kondisi baik-baik saja. Setelah melihat anaknya maka dia akan langsung segera membawa anaknya dengan cara menggigit lehernya dan dibawa ke tempat asalnya.

27. Mengapa kucing suka mondar-mandir atau kesana-kesini?

Kucing suka mondar-mandir untuk mencari makanan dan mencari tempat yang baik untuk tidur. Jika catlovers ingin kucing diam berikanlah dia makanan dan tempat yang empuk untuk dia tdur.

28. Mengapa Kucing Suka Melihat Kita ?

Kucing selalu merassa di sekitarnya adalah ancaman dan sangat bersikap waspada. Kucing selalu berpikir apa yang akan kita lakukan. Contohnya si kucing berpikir apa yang akan kita lakukan, apakah catlovers akan kedapur memberi makan kucing. Kucing biasanya akan selalu siap siaga mengikuti catlovers.

29. Mengapa Kucing Menggigit-Gigit Kukunya ?

Kebiasaan kucing yang menggigit-gigit kukunya adalah untuk mengasah kukunya sendiri agar lebih tajam dan siap untuk mencengkram. Selain itu dia juga membersihkan Kotoran yang ada di kuku-kuku kucing.

30. Mengapa Kucing Suka Menggerak-gerakkan ekornya ?

Kucing yang suka menggerak-gerakkan atau mengibas-ngibaskan ekor itu bertanda dia merasa bahagia dan senang. Coba catlovers usap-usap atau belai bagian bawah leher dan punggung, si kucing akan senang dan ketagihan.

Itulah Kumpulan Kebiasaan dan Perilaku Kucing Yang Unik Dan Lucu yang perlu diketahui, karena masih banyak perilaku kucing yang belum sempat ditulis, karena itu maniakucing berikan kesempatan buat kalian catlovers membagi pengetahuan kalian dengan cara berkomentar di kotak komentar dibawah.


Keywords:

Comments

  1. wah... ternyata tingkah laku kucing itu banyak keunikanya...:) nice post

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Macam-Macam dan Cara Mengatasi Penyakit Pada Kucing

Penyakit pada kucing  merupakan masalah yang sering dialami untuk para pemilik kucing. Perlu mewasdai terhap macam-macam penyakit yang sering menyerang kucing peliaraan kita. Walaupun pada dasarnya  kucing bisa merawat tubuhnya sendiri  akan tetapi jika terserang penyakit juga akan memerlukan perawatan dari pemiliknya, agar mempercepat proses penyembuhan penyakit pada kucing. Apalagi jika penyakitnya sudah menjangkit didalam tubuhnya. Kucing hanya mampu menjilati bagian yang sakit dari luar saja, jika penyakit yang menyerang berada di dalam tentu kucing tidak dapat mengobati sendiri. Berikut adalah beberapa penyakit yang menyerang kucing. Macam-macam penyakit pada kucing dan cara mengatasi Berikut Penyakit Pada Kucing: 1. Infeksi telinga  (Otitis) Berbagai macam kondisi dan sebab yang dapat mengakibatkan terjadinya radang  telinga  (otitis)  pada kucing. Mulai  dari tungau telinga  (ear mite) , bakteri, jamur, kanker, alergi, gangguan sistem kekebalan tubuh, luka, dll.

Daftar Harga Makanan Kucing LENGKAP! (Beserta Gambarnya)

Bagi kamu sebagai pecinta kucing sekaligus pemilik kucing peliharaan pasti kamu sangat heran ini kenapa harga makanan kucing lebih mahal daripada makanan manusia? Nah, Kebanyakan masih banyak yang mengeluh karna mahal, tidak hanya perawatan saja yang kita lakukan secara teratur, pemberian vitamin, makanan juga merupakan hal yang perli diperhatikan. Baca : Makanan dan Minuman terbaik khusus kucing kampung Banyak faktor yang bisa menguras kantong untuk membeli makanan baik itu kucing persia, kucing anggora , kucing kampung , dan lainnya yang perlu kiita keluarkan untuk tiap bulannya. Ada beberapa merk makanan kucing yang memang populer serta mudah untuk kita dapatkan. Whiskas nahh ini dia, untuk ukuran 12 kg harga bisa sekitar 230.000 ribu. Jika kamu sudah mengetahui nasi adalah makanan pokok, whiskas bisa dibilang sebagai sumber karbohidrat. Jika manusia dilengkapi nasi dengan lauk pauk, sedangkan makanan kucing ditambah dengan tulang lunak. Kecuali sebagai pelengkap, untuk ma

Cara Mengobati Kaki Kucing Keseleo

Mengobati Kaki Kucing Keseleo Kucing Keseleo Bagi Pecinta Kucing pastinya pernah mengalami kaki kucing keseleo , yang tadinya benar-benar sehat dan lincah tiba - tiba berubah murung, diam saja dan tidak mau makan? Perhatikan apakah jalannya seperti pincang atau bahkan tidak mau bergerak sama sekali? Ingat-ingatlah apa aktivitas terakhir yang kucing lakukan, apakah berkelahi, terinjak atau terjatuh dari ketinggian. Bisa jadi kucing sedang keseleo. Kucing keseleo berbeda dengan patah tulang. Jika kucing mengalami patah tulang, kucing sama sekali tidak akan bisa bergerak atau tungkai terlihat menggantung lemas, sedangkan jika keseleo kucing masih bisa bergerak tapi pincang. Untuk kasus patah tulang para pecinta kucing harus segera membawanya ke vet, sedangkan untuk kaki kucing yang keseleo masih bisa dicoba dengan perawatan sendiri dirumah. Cara Mengobati sendiri untuk kaki kucing keseleo bisa dengan cara mudah berikut ini 1. Pastikan kucing tetap harus makan dan minu