Skip to main content

Kucing Merah Khas Kalimantan

Kucing Merah yang merupakan kucing kalimantan atau yang dalam bahasa latin disebut Pardofelis badia merupakan salah satu spesies kucing kecil endemik pulau Kalimantan. Sayangnya tidak banyak yang mengenal kucing merah yang langka ini. Saya sendiri belum pernah sekalipun melihat Kucing Merah dari kalimantan ini, sekalipun di kebun binatang. Mungkin sobat ada yang pernah melihatnya?
Baca juga artikel Kucing Hutan Jenis Leopard , Kucing Bakau , Kucing Lucu Jenis Anggora

Info Kucing Merah singkatnya

Kucing Merah adalah salah satu spesial kucing kecil yang berasal dari pulau Kalimantan. Namun tidak banyak yang mengenal kucing langka ini. Kucing ini mendiami hutan-hutan tropis dataran rendah yang lebat. Kucing Merah disebut juga sebagai Kucing Borneo. Diperkirakan kucing merah telah, ada sejak 4 juta tahun silam saat pulau Kalimantan masih bersatu dengan daratan Asia. Namun populasi kucing ini sekarang tidak diketahui dengan pasti. Di Indonesia dan Malaysia, Kucing Merah termasuk binatang yang dilindungi dari kepunahan.

Ciri fisik Kucing Merah:

1. Bulu berwarna coklat kemerah-merahan walaupun ada varian yang berwarna keabu-abuan.
2. Bagian bawah tubuh berwarna lebih pucat daripada bagian atas. Terdapat garis warna merah kecokelatan agak muda pada kening dan pipi.
3. Telinga berwarna hitam atau cokelat tua, dan pada ekor bergaris putih dengan bintik hitam diujung ekor.
4. Bertubuh ramping memanjang dengan panjang sekitar 55 cm dengan ekor yang panjangnya berkisar 35 cm.
5. Berat tubuh antara 2,3 -4,5 kg.

Karakter Kucing Merah:

1. Kucing Merah termasuk binatang yang banyak aktifitas di malam hari untuk memburu burung, tikus, dan monyet.
2. Selain seekor pemburu, Kucing Merah juga memakan bangkai-bangkai binatang yang terdapat di hutan.
3. Kucing Merah menginjak dewasa dan matang secara seksual pada usia antara 18-24 bulan. Kucing endemik kalimantan ini mempunyai masa kehamilan sekitar 70-75 hari dengan melahirkan 1-3 ekor anak dalam sekali masa kehamilan.

Detail Kucing Merah Khas Kalimantan

Kucing Merah disebut juga sebagai Kucing Kalimantan atau Kucing Borneo. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Borneo Bay Cat, Bay Cat, Bornean Bay Cat, dan Bornean Marbled Cat. Di Malaysia binatang yang juga menghuni Serawak dan Sabah ini dikenal dengan Kucing Merah. Sedangkan dalam bahasa latin disebut sebagai Pardofelis badia, yang bersinonim dengan Catopuma badia dan Felis badia.

Kucing Merah
Kucing merah kalimantan
Kucing Merah ini merupakan saudara dekat dan masih satu nenek moyang dengan Kucing Emas (Asian Golden Cat) yang banyak terdapat di Sumatera, dan beberapa negara Asia Tenggara. Diperkirakan kucing endemik kalimantan ini telah ada sejak 4 juta tahun yang silam saat pulau Kalimantan masih bersatu dengan daratan Asia.

Ciri-ciri dan Perilaku. Kucing Merah (Borneo Bay Cat) mempunyai bulu berwarna coklat kemerah-merahan walaupun ada varian yang berwarna keabu-abuan. Bagian bawah tubuh Kucing Kalimantan berwarna lebih pucat daripada bagian atas. Terdapat garis warna merah kecokelatan agak muda pada kening dan pipi. Telinga kucing langka ini berwarna hitam atau cokelat tua, dan pada ekor bergaris putih dengan bintik hitam diujung ekor.

Kucing Merah (Pardofelis badia)

Kucing Merah
Kucing merah

Kucing Merah mempunyai tubuh ramping memanjang dengan panjang sekitar 55 cm dengan ekor yang panjangnya berkisar 35 cm. Kucing Merah  (Borneo Bay Cat) mempunyai berat tubuh antara 2,3 -4,5 kg.

Belum banyak yang dapat digali tentang perilaku kucing endemik Kalimantan yang langka ini. Kucing Merah (Pardofelis badia) termasuk binatang nokturnal yang banyak beraktifitas di malam hari untuk memburu burung, tikus, dan monyet. Selain seekor pemburu, Kucing Merah (Catopuma badia) juga memakan bangkai-bangkai binatang yang terdapat di hutan.

Kucing Merah (Borneo Bay Cat) menginjak dewasa dan matang secara seksual pada usia antara 18-24 bulan. Kucing endemik kalimantan ini mempunyai masa kehamilan sekitar 70-75 hari dengan melahirkan 1-3 ekor anak dalam sekali masa kehamilan.

Habitat, Populasi, dan Konservasi. Kucing Merah Kalimantan (Pardofelis badia), hanya terdapat di pulau Kalimantan (Indonesia dan Malaysia) saja. Kucing ini mendiami hutan-hutan tropis dataran rendah yang lebat hingga ketinggian 900 meter dpl.

Karakteristik Kucing Merah

Kucing merah jauh lebih kecil daripada kucing emas Asia. Bulunya berwarna cokelat terang, dan lebih pucat di tubuh bagian bawah, bulu di bagian kaki dan ekor agak pucat dan merah. Ekornya memanjang, meruncing pada ujungnya, dengan garis putih di sisi bawah, yang berwarna menjadi lebih putih ke ujung, dan ada bercak hitam kecil di ujung atasnya. Telinga kucing ini bulat, warna bulu pada bagian luar ialah coklat kehitaman, sedangkan bagian dalam berwarna lebih terang.

Antara 1874 hingga 2004, hanya ada 12 spesimen yang diukur. Panjang (kepala dan badan) mereka bervariasi 49,5 sampai 67 cm dengan panjang ekor antara 30 sampai 40,3 cm. Kucing ini diperkirakan memiliki berat dewasa 3–4 kg, tetapi sedikitnya contoh hidup menjadikan sulitnya menentukan perkiraan yang lebih terpercaya.
Kepala kucing ini pendek bulat dan berwarna coklat gelap keabu-abuan dengan dua garis gelap yang berasal dari sudut setiap mata, dan bagian belakang kepala memiliki tanda yang berbentuk 'M' gelap. Bagian belakang telinga yang keabu-abuan gelap, sedikit bintik-bintik putih tengah yang ditemukan pada banyak spesies kucing lainnya. Bagian bawah dagu berwarna putih dan ada dua garis coklat samar di bagian pipi. Proporsi tubuh dan ekornya yang sangat panjang membuat kucing ini terlihat seperti Jaguarundi gaya baru


Penyebaran dan Habitat Kucing Merah

Kucing merah yang endemik Kalimantan dan tersebar secara luas di pulau itu. Tapi ada dua konsentrasi laporan di pedalaman pulau itu. Informasi ini menunjukkan bahwa mereka muncul di berbagai jenis habitat, bervariasi dari hutan rawa, dataran rendah dipterocarp hutan sampai hutan bukit sampai setidaknya 500 m (1.600 ft). Pada pertengahan 1990-an, penampakan yang paling dapat diandalkan telah dilaporkan dari Sungai Kapuas Hulu di Kalimantan Barat, dan di Taman Nasional Gunung Palung. Salah satu penampakan belum dikonfirmasi terjadi pada 1.800 m (5.900 ft) di Gunung Kinabalu. One unconfirmed sighting occurred at 1,800 m (5,900 ft) on Mount Kinabalu.
Mereka mendiami hutan tropis yang lebat, dan telah diamati pada singkapan berbatu kapur dan hutan bekas tebangan, dan beberapa dekat dengan pantai. Setidaknya tiga spesimen ditemukan di dekat sungai, tapi ini mungkin karena kemudahan kolektor daripada bukti preferensi habitat. Dari tahun 2003 sampai 2005, 15 kucing merah tercatat di Kalimantan, Sabah dan Sarawak tapi tidak di Brunei. Catatan-catatan ini terdiri dari pengamatan oportunistik tunggal. Hampir semua catatan sejarah dan baru-baru ini adalah dari dekat badan air seperti sungai dan hutan bakau, menunjukkan bahwa kucing merah mungkin berhubungan erat dengan habitat tersebut.
Sebuah survei peragkap kamera dari bulan Juli 2008 sampai Januari 2009 di bagian barat laut dari Sabah Deramakot Forest Reserve di daerah sekitar 112 km2 (43 sq mi) menghasilkan satu foto dari kucing merah jantan dalam upaya total sampling dari 1916 malam perangkap. Catatan ini memperluas jangkauan kucing merah ke utara.
Alfred Russel Wallace mengirimkan kulit pertama dan tengkorak kucing merah dari Sarawak ke British Museum of Natural History pada tahun 1855.Sebanyak tujuh kulit muncul selama dekade berikutnya, tetapi tidak sampai 1992 adalah spesimen hidup terperangkap di Sarawak - perbatasan Indonesia dan dibawa ke Museum Sarawak, di ambang kematian.


Ekologi dan tingkah laku Kucing Merah

 Perilaku rahasia dan nokturnal kucing merah, dan mungkin kepadatan populasi yang rendah, mungkin merupakan penyebab penting dari kelangkaan penampakan. Survei perangkap kamera tahun 2003-2006 hanya menghasilkan satu foto dari kucing merah di 5.034 malam perangkap. Menurut catatan anekdot belum dikonfirmasi dari Sarawak, kucing merah diamati pada cabang 1 m (3,3 kaki) dari tanah dekat dengan sungai selama ekspedisi berburu malam. Seorang kolektor hewan lokal di dekat Lachau, Sarawak, mengaku bahwa ia tidak sengaja menjebak dua kucing merah pada kesempatan terpisah pada bulan Desember 2003. Dia melaporkan bahwa kucing merah memasuki kandang dan menyerang burung itu. Satu kucing meninggal di penangkaran, dan lainnya dibebaskan.Tidak ada yang diketahui tentang ekologi makan dan perilaku reproduksi

Ancaman dan Konservasi Kucing Merah

 Pardofelis badia terdaftar di CITES Appendix II sebagai Catopuma badia. Hal ini sepenuhnya dilindungi oleh perundang-undangan nasional di sebagian besar jangkauannya. Perburuan dan perdagangan adalah dilarang di Kalimantan, Sabah dan Sarawak. Tidak ada kucing merah di penangkaran

 Pardofelis badia terdaftar di CITES Appendix II sebagai Catopuma badia. Hal ini sepenuhnya dilindungi oleh perundang-undangan nasional di sebagian besar jangkauannya. Perburuan dan perdagangan adalah dilarang di Kalimantan, Sabah dan Sarawak. Tidak ada kucing merah di penangkaran.

Taksonomi dan Evolusi Kucing Merah

Pada tahun 1874, John Edward Gray pertama kali menjelaskan kucing merah berdasarkan binomial badia Felis atas dasar kulit dan tengkorak yang dikumpulkan di Sarawak pada tahun 1856. Kucing ini pertama kali dianggap sebagai anak kucing dari kucing emas Asia. Pada tahun 1932, Reginald Innes Pocock menempatkan spesies dalam genus monotypic Badiofelis. Pada tahun 1978, ia ditempatkan di genus Catopuma.In 1978, it was placed in the genus Catopuma.

Jaringan dan darah sampel diperoleh hanya pada tahun 1992-an dari betina dibawa ke Museum Sarawak. Analisis morfologi dan genetika menunjukkan hubungan erat dengan kucing emas Asia, dan bahwa kedua spesies telah dipisahkan dari satu nenek moyang untuk 4,9-5,3 juta tahun, jauh sebelum pemisahan geologi Kalimantan dari daratan Asia.


Klasifikasi Kucing merah sebagai Catopuma secara luas diakui sampai 2006. Karena hubungan dekat terlihat dari kucing merah dan kucing emas Asia dengan kucing marmer, disarankan pada tahun 2006 bahwa ketiga spesies harus dikelompokkan dalam genus Pardofelis.


Kucing Merah Dalam Sankar

Kucing Merah
Kucing Merah
Populasi kucing langka ini sampai sekarang tidak diketahui dengan pasti. Karena itu 2002 Kucing Merah (Borneo Bay Cat) dikategorikan dalam status konservasi “endangered” (Terancam Punah) oleh IUCN Redlist. Dan juga dimasukkan dalam Apendiks II CITES. Di Indonesia dan Malaysia, Kucing Merah termasuk binatang yang dilindungi dari kepunahan.

Terimakasih sudah membaca artikel Kucing Merah Khas Kalimantan ini, semoga bermanfaat dan dapat melihat langsung Kucing Merah.

Referensi

1. Hearn, A., Sanderson, J., Ross, J., Wilting, A., Sunarto, S. 2008. Pardofelis badia. In: IUCN 2012. IUCN Red List of Threatened Species. Version 2012.2.
2. Mohd-Azlan, J., Sanderson, J. (2007). "Geographic distribution and conservation status of the bay cat Catopuma badia, a Bornean endemic". Oryx 41: 394–397.
3. Povey, K., Sunarto, H. J. G., Priatna, D., Ngoprasert, D., Reed, D., Wilting, A., Lynam, A., Haidai, I., Long, B., Johnson, A., Cheyne, S., Breitenmoser, C., Holzer, K., Byers, O. (eds.) CBSG. (2009) Clouded Leopard and Small Felid Conservation Summit Final Report. IUCN/SSC Conservation Breeding Specialist Group: Apple Valley, MN.
4. Gray, J. E. (1874) Description of a new Species of Cat (Felis badia) from Sarawak. Proceedings of the Scientific meetings of the Zoological Society of London for the year 1874: 322–323
5. Sunquist, M.E., Leh, C., Hills, D. M., Rajaratnam, R. (1994). "Rediscovery of the Bornean Bay Cat". Oryx 28: 67–70.
6. Sunquist, M., Sunquist, F. (2002). Wild cats of the World. Chicago: University of Chicago Press. pp. 48–51. ISBN 0-226-77999-8.
7. Meijaard, E. (1997) The bay cat in Borneo. Cat News 27: 21–23
8. Payne, J. C. M., Francis, C. M. and Phillipps, K. (1985) A field guide to the mammals of Borneo. The Sabah Society, Kota Kinabalu, Malaysia.
9. Mohamed, A., Samejima, H., Wilting, A. (2009) Records of five Bornean cat species from Deramakot Forest Reserve in Sabah, Malaysia. Cat News 51: 12–15.
10. Nowell, K., Jackson, P. (1996) Bornean Bay Cat. In: Wild Cats: status survey and conservation action plan. IUCN/SSC Cat Specialist Group, Gland, Switzerland.
11. Rautner, M., Hardiono, M., Alfred, R. J. (2005) Borneo: treasure island at risk. Status of Forest, Wildlife, and related Threats on the Island of Borneo. WWF Germany.
12. Pocock, R.I. (1932) The marbled cat (Pardofelis marmorata) and some other Oriental species, with a definition of a new genus of the Felidae. Proceedings of the Zoological Society of London, 102: 741–766.
13. Hemmer, H. (1978) The evolutionary systematics of living Felidae: present status and current problems. Carnivore 1(1): 71–79.
14. Johnson, W. E., Ashiki, F. S., Menotti Raymond, M., Driscoll, C., Leh, C., Sunquist, M., Johnston, L., Bush, M., Wildt, D., Yuhki, N., O'Brien, S. J. and Wasse, S. P. (1999). "Molecular genetic characterization of two insular Asian cat species, Bornean Bay cat and Iriomote cat". Di Vasser, S.P. Nevo, E. Evolutionary Theory and Process: Modern perspectives, Papers in Honour of Eviatar Nevo. Dordrecht: Kluwer Academic Publishing. pp. 223–248.
15. Wozencraft, W. C. (2005-11-16). Wilson, D. E., and Reeder, D. M. (eds), ed. Mammal Species of the World (3rd edition ed.). Johns Hopkins University Press. pp. 545–546. ISBN 0-801-88221-4.
16. Johnson, W. E., Eizirik, E., Pecon-Slattery, J., Murphy, W. J., Antunes, A., Teeling, E. and O'Brien, S. J. (2006) The late miocene radiation of modern felidae: A genetic assessment. Science 311: 73–77.

Comments

  1. kucing merah ini ternyata endemik Kalimantan ya soalnya om saya sering cerita kalo kucing di Kalimantan sama di Jawa beda

    ReplyDelete
  2. Lucu banget kucingnya, bisa dijadiin cagar budaya bagi pariwisata indonesia nih

    ReplyDelete
  3. ternyata kucing merah ini sangat unik ya...baru tau saya mas...

    ReplyDelete
  4. kok kaya harimau ya? apa perasaan ane aja? :D

    ReplyDelete
  5. Kucing merah khas kalimantan mirip kayak macan ya gan ,, jinak gak tuh kucingnya??

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Macam-Macam dan Cara Mengatasi Penyakit Pada Kucing

Penyakit pada kucing  merupakan masalah yang sering dialami untuk para pemilik kucing. Perlu mewasdai terhap macam-macam penyakit yang sering menyerang kucing peliaraan kita. Walaupun pada dasarnya  kucing bisa merawat tubuhnya sendiri  akan tetapi jika terserang penyakit juga akan memerlukan perawatan dari pemiliknya, agar mempercepat proses penyembuhan penyakit pada kucing. Apalagi jika penyakitnya sudah menjangkit didalam tubuhnya. Kucing hanya mampu menjilati bagian yang sakit dari luar saja, jika penyakit yang menyerang berada di dalam tentu kucing tidak dapat mengobati sendiri. Berikut adalah beberapa penyakit yang menyerang kucing. Macam-macam penyakit pada kucing dan cara mengatasi Berikut Penyakit Pada Kucing: 1. Infeksi telinga  (Otitis) Berbagai macam kondisi dan sebab yang dapat mengakibatkan terjadinya radang  telinga  (otitis)  pada kucing. Mulai  dari tungau telinga  (ear mite) , bakteri, jamur, kanker, alergi, gangguan sistem kekebalan tubuh, luka, dll.

Daftar Harga Makanan Kucing LENGKAP! (Beserta Gambarnya)

Bagi kamu sebagai pecinta kucing sekaligus pemilik kucing peliharaan pasti kamu sangat heran ini kenapa harga makanan kucing lebih mahal daripada makanan manusia? Nah, Kebanyakan masih banyak yang mengeluh karna mahal, tidak hanya perawatan saja yang kita lakukan secara teratur, pemberian vitamin, makanan juga merupakan hal yang perli diperhatikan. Baca : Makanan dan Minuman terbaik khusus kucing kampung Banyak faktor yang bisa menguras kantong untuk membeli makanan baik itu kucing persia, kucing anggora , kucing kampung , dan lainnya yang perlu kiita keluarkan untuk tiap bulannya. Ada beberapa merk makanan kucing yang memang populer serta mudah untuk kita dapatkan. Whiskas nahh ini dia, untuk ukuran 12 kg harga bisa sekitar 230.000 ribu. Jika kamu sudah mengetahui nasi adalah makanan pokok, whiskas bisa dibilang sebagai sumber karbohidrat. Jika manusia dilengkapi nasi dengan lauk pauk, sedangkan makanan kucing ditambah dengan tulang lunak. Kecuali sebagai pelengkap, untuk ma

Cara Mengobati Kaki Kucing Keseleo

Mengobati Kaki Kucing Keseleo Kucing Keseleo Bagi Pecinta Kucing pastinya pernah mengalami kaki kucing keseleo , yang tadinya benar-benar sehat dan lincah tiba - tiba berubah murung, diam saja dan tidak mau makan? Perhatikan apakah jalannya seperti pincang atau bahkan tidak mau bergerak sama sekali? Ingat-ingatlah apa aktivitas terakhir yang kucing lakukan, apakah berkelahi, terinjak atau terjatuh dari ketinggian. Bisa jadi kucing sedang keseleo. Kucing keseleo berbeda dengan patah tulang. Jika kucing mengalami patah tulang, kucing sama sekali tidak akan bisa bergerak atau tungkai terlihat menggantung lemas, sedangkan jika keseleo kucing masih bisa bergerak tapi pincang. Untuk kasus patah tulang para pecinta kucing harus segera membawanya ke vet, sedangkan untuk kaki kucing yang keseleo masih bisa dicoba dengan perawatan sendiri dirumah. Cara Mengobati sendiri untuk kaki kucing keseleo bisa dengan cara mudah berikut ini 1. Pastikan kucing tetap harus makan dan minu