Skip to main content

Kumpulan Cara Merawat Kucing


Kucing adalah hewan yang sangat cantik dengan bentuk tubuh dan bulu yang indah, karena keindahan itu yang membuat orang  - orang yang melihat kucing tersenyum. Simak artikel kumpulan cara merawat kucing

Beberapa  Hal Yang Disiapkan Untuk Kucing

1. Makanan
Untuk memberikan makanan pada kucing kita harus memperhatikan dari labelnya. Jika kucing kita masih kecil, diusahakan makanan yang diberikan makanan yang berlebel kitten (kucing kecil) sehingga dia tidak salah asupan. Untuk merek itu sangat banyak jenisnya disetiap produk makanan kucing. Berbeda pula kandungan nutrisi didalamnya

2. Takaran Makanan
Takaran maknan ini berfungsi untuk mengambil makanan. Tapi jika ingin kamu ganti dengan botol bekas air minum juga bisa. Tergantung budjet berapa. Sesuaikan dengan kemampuan kamu ya, jangan terlalu memaksakan kehendak sehingga dapat memberatkan diri kita sendiri.

3. Tempat Makan dan Minum
Ada yang menjual tempat makan dan minum dalam satu wadah dengan tempat lubang yang berbeda. Tempat yang seperti ini lebih efisien, karena dapat menghemat tempat dan ruang. Jangan lupa untuk selalu menyediakan makanan dan minumnya di tempat tersebut, sehingga ketika kucing kamu lapar bisa langsung mencari makan tersebut.

4. Bak Pasir
Bak pasir ini digunakan untuk tempat pasir. Tempat ini harus disediakan untuk membantu kucing kamu agar buang air besar maupun buang air kecil pada tempatnya. Seperti WC/Toilet bagi kita. Kucing juga butuh tempat untuk buang air. Jadi kucing anda tidak sembarangan buang air besar maupun buang air kecil.

5. Pasir
Gunakan pasir khusus untuk kucing yang wangi ada aroma buahnya, bukan pasir untuk bangunan ya bro. Pasir khusus kucing ini juga mempunyai fungsi tersendiri, yaitu ketika ada kotoran kucing dipasir tersebut, maka kotoran itu akan menggumpal dan kering. Jadi tidak gampang bau dan gampang untuk diambil. Biasanya pasir ini hanya untuk sekali pasir yang terkenanya, untuk membuangnya buang lah pasir yang bergumpal yang terkena kotoran kucing saja, dan jika hanya pipis kucing cukup direndam air dan dibersihkan lalu dijemur.

6. Serokan Pasir
Serokan ini pastinya untuk mengambil kotoran kucing yang sudah menggumpal di bak pasir. Kemudian kotoran tersebut dibuang. Dengan alat ini akan lebih memudahkan kita dalam membersihkan tempat buang air kucing. Sehingga tangan kita tidak kotor dan bau pastinya, meskipun harus mengurus tempat buang air kucing.

7. Shampo
Tidak ada perbedaan dengan manusia, kucing juga butuh shampo untuk mandi dan dipakai juga untuk badanya. Shampo kucing biasanya dipakai seminggu sekali. Tapi berhati - hatilah dalam memandikan kucing. Apalagi pada bagian dekat mata.

8. Baby Oil dan Kapas
Baby Oil dan Kapas ini berguna untuk membersihkan telinga kucing, bisa juga dengan cottonbat. Jagalah kebersihan kucing kamu, apalagi amu yang memelihara kucing didalam rumah, bahkan tidur bareng dengan kucing. Harus lebih ekstra merawat kebersihanya.

9. Vitamin
Selain perlengkapan untuk kebutuhan badan kucing, ada juga vitamin yang perlu diberikan kepada kucing. Vitamin ini berfungsi untuk kesehatan kulit dan bulu kucing.

10 Cara merawat kucing untuk pemula

Jika Anda seorang pemula dan ingin tahu tentang cara merawat kucing, berikut adalah beberapa tips dasar yang tepat untuk anda.

  1. Anak kucing membutuhkan jumlah gizi dua kali lebih besar dibandingkan dengan kucing dewasa. Meskipun ia membutuhkan lebih banyak nutrisi, itu bukan berarti Anda harus memberinya makan berlebihan. Setelah 5 sampai 6 minggu, berikan makanan secara rutin 4 kali setiap hari.
  2. Jangan berikan makanan anjing untuk kucing! karena makanan anjing tidak mengandung taurin, nutrisi yang dibutuhkan kucing untuk mencegah peyakit jantung dan penglihatan kabur.
  3. Setelah 8 - 10 bulan, Anda bisa membiasakannya untuk makan - makanan rumah seperti nasi dan susu. Kebiasaan ini harus Anda lakukan sejak dini.
  4. Tidak perlu memandikan kucing secara teratur. Ketika bulu kucing mulai berbau, Anda ddapat memandikannya dengan air dingin. Air panas dapat merusak bulu dan menyebabkan iritasi kulit pada kucing, jadi jangan terlalu panas sebisa mungking hangat.
  5. Sikat bulu kucing secara rutin. Hal ini dapat menghilangkan rambut mati, kuman dan bakteri pada bulu.
  6. Ajak pergi keluar dan bermain dengannya. Kegiatan fisik membantu pertumbuhan dan perkembangan anak kucing dengan baik. Hewan peliharaan Anda akan cepat tumbuh sehat dan lincah.
  7. Ajarkan kebiasaan hidup sehari - hari. Anda bisa mulai mengajarkan beberapa kebiasaan baik pada kucing seperti pergi ke toilet, makan, dan tidur.
  8. Bersikaplah tegas pada perilaku buruknya. Anda harus bersikap tegas pada perilaku buruk yang ia tunjukkan. Dengan begitu, ia akan mengerti mana yang baik dan buruk juga dapat membuat kebiasaan baik pada kucing.
  9. Vaksinasi. Vaksinasi wajib dilakukan secara rutin untuk menghindari virus dan penyakit. Untuk itu, segera berkonsultasilah dengan dokter hewan.
  10. Merawat kebersihan tubuhnya. Anda harus rajin membersihkan gigi, telinga, dan kuku kucing. Bagian - bagian ini sangat rentan terhadap kuman dan bakteri. Jika dibiarkan kotor, hal ini bisa menyebabkan infeksi dan penyakit pada kucing.
Lebih Simpelnya seperti ini:

  1. Jaga kebersihan kandang dan bak pasir 
  2. Cek suhu dan kelembapan ruangan
  3. Perhatikan makanan dan minuman kucing
  4. Jaga kebersihan mata, telinga, gigi dan rutin potong kuku
  5. Lakukan vaksinasi, obat cacing, kontrol ke dokter hewan secara rutin
  6. Grooming kucing : memandikan, sisir dan mengeringkan bulu kucing
  7. Berikan tempat/alas tidur yang nyaman, mainan dan perhatian
  8. Jaga hubungan baik dengan breeder tempat adopsi dan berkomunitas
Cara Mengetahui Kucing Persia Yang Sakit  Berikut Penjelasanya:
  1. Kelelahan dan lesu
  2. Sulit membuang kotoran
  3. Menggelengkan kepala secara berlebihan
  4. Mengkonsumsi air secara berlebihan
  5. Selera menurun atau sebaliknya
  6. Jadi lebih agresif dan hiperaktif
  7. Berjalan pincang atau sulit berdiri
  8. Ada cairan yang keluar dari lubang tubuh
  9. Ada bagian tubuh kucing yang bengkak
  10. Berat badan naik ataupun turun secara mendadak
Jika kamu melihat dari salah satu yang disebutkan diatas, maka segeralah bawa kucing kamu ke dokter hewan. Karena hewan kamu butuh perawatan khusus. Agar bisa diketahui penyebab sakitnya, dan cara mengobatinya.  








Comments

  1. sip gan artikel yang bagus buat yang mau melihara kucing nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih berooo. iya nihh buat yang suka kucing.

      Delete
  2. Wah ane juga punya kucing anggora lho gan, lucu2

    ReplyDelete
    Replies
    1. kucing anggora ? ane punya kucing persia medium , lumayan buat temen dirumah muehehe

      Delete
  3. Paling gemes kalau liat kucing hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal gemesnya ga sampe makan kucing gan hehe

      Delete
  4. makasih banyak gan tips"nyaa
    ane sih kalau miara kucing diluar gan,bukan didalem rumah wkkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan.
      wkwkwk kucing garong ya gan ? kucing ane kucing rumahan beroo :v takut kena dewa matahari (panasan)

      Delete
  5. titip sendal gan, siapa tau ntar ane punya kucing wk

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  6. mantap nih gan kebetulan ane juga mania kucing

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Macam-Macam dan Cara Mengatasi Penyakit Pada Kucing

Penyakit pada kucing  merupakan masalah yang sering dialami untuk para pemilik kucing. Perlu mewasdai terhap macam-macam penyakit yang sering menyerang kucing peliaraan kita. Walaupun pada dasarnya  kucing bisa merawat tubuhnya sendiri  akan tetapi jika terserang penyakit juga akan memerlukan perawatan dari pemiliknya, agar mempercepat proses penyembuhan penyakit pada kucing. Apalagi jika penyakitnya sudah menjangkit didalam tubuhnya. Kucing hanya mampu menjilati bagian yang sakit dari luar saja, jika penyakit yang menyerang berada di dalam tentu kucing tidak dapat mengobati sendiri. Berikut adalah beberapa penyakit yang menyerang kucing. Macam-macam penyakit pada kucing dan cara mengatasi Berikut Penyakit Pada Kucing: 1. Infeksi telinga  (Otitis) Berbagai macam kondisi dan sebab yang dapat mengakibatkan terjadinya radang  telinga  (otitis)  pada kucing. Mulai  dari tungau telinga  (ear mite) , bakteri, jamur, kanker, alergi, gangguan sistem kekebalan tubuh, luka, dll.

Daftar Harga Makanan Kucing LENGKAP! (Beserta Gambarnya)

Bagi kamu sebagai pecinta kucing sekaligus pemilik kucing peliharaan pasti kamu sangat heran ini kenapa harga makanan kucing lebih mahal daripada makanan manusia? Nah, Kebanyakan masih banyak yang mengeluh karna mahal, tidak hanya perawatan saja yang kita lakukan secara teratur, pemberian vitamin, makanan juga merupakan hal yang perli diperhatikan. Baca : Makanan dan Minuman terbaik khusus kucing kampung Banyak faktor yang bisa menguras kantong untuk membeli makanan baik itu kucing persia, kucing anggora , kucing kampung , dan lainnya yang perlu kiita keluarkan untuk tiap bulannya. Ada beberapa merk makanan kucing yang memang populer serta mudah untuk kita dapatkan. Whiskas nahh ini dia, untuk ukuran 12 kg harga bisa sekitar 230.000 ribu. Jika kamu sudah mengetahui nasi adalah makanan pokok, whiskas bisa dibilang sebagai sumber karbohidrat. Jika manusia dilengkapi nasi dengan lauk pauk, sedangkan makanan kucing ditambah dengan tulang lunak. Kecuali sebagai pelengkap, untuk ma

Cara Mengobati Kaki Kucing Keseleo

Mengobati Kaki Kucing Keseleo Kucing Keseleo Bagi Pecinta Kucing pastinya pernah mengalami kaki kucing keseleo , yang tadinya benar-benar sehat dan lincah tiba - tiba berubah murung, diam saja dan tidak mau makan? Perhatikan apakah jalannya seperti pincang atau bahkan tidak mau bergerak sama sekali? Ingat-ingatlah apa aktivitas terakhir yang kucing lakukan, apakah berkelahi, terinjak atau terjatuh dari ketinggian. Bisa jadi kucing sedang keseleo. Kucing keseleo berbeda dengan patah tulang. Jika kucing mengalami patah tulang, kucing sama sekali tidak akan bisa bergerak atau tungkai terlihat menggantung lemas, sedangkan jika keseleo kucing masih bisa bergerak tapi pincang. Untuk kasus patah tulang para pecinta kucing harus segera membawanya ke vet, sedangkan untuk kaki kucing yang keseleo masih bisa dicoba dengan perawatan sendiri dirumah. Cara Mengobati sendiri untuk kaki kucing keseleo bisa dengan cara mudah berikut ini 1. Pastikan kucing tetap harus makan dan minu